FAQ-Frequently Asked Question IFApreneur

Berikut ini adalah FAQ atau pertanyaan yang sering diajukan tentang IFApreneur. Silahkan cari tahu IFApreneur lebih banyak dari sini. Bila Anda mempunyai pertanyaan yang lain, silahkan hubungi admin di halaman Tentang Kami.

Q   : Arti nama IFA apa sih? Apakah ada kepanjangannya?

A   : IFA adalah akronim dari Indonesian Footwear Agencies, yang mana adalah perusahaan nasional yang pada awal usahanya hanya berorientasi pada pasar ekspor dan dikenal sebagai salah satu eksportir sepatu tersukses di Indonesia. Pada perkembangannya, karena terjadi lonjakan dahsyat permintaan pasar sepatu dalam negeri, IFA memberanikan diri memenuhi peluang tersebut dengan sistem Direct Selling. Sejak tahun 2001 IFA mulai memakai sistem penjualan MLM dengan jangkauan produk yang lebih luas, yaitu fashion dan assesoris. Kini IFA semakin melengkapi lini produknya dengan menambah produk kosmetik dan cookware.

Q    : Apakah MLM itu?

A   : MLM, singkatan dari Multi Level Marketing (Indonesia: pemasaran berjenjang) adalah sistem penjualan berkelompok melalui keanggotaan yang membentuk tim pemasaran secara bertingkat. Sistem MLM ini lebih mengutamakan kebersamaan dalam mencapai tingkat omset penjualan perusahaan. Seorang anggota yang dapat memimpin timnya dalam memasarkan produk perusahaan akan diberikan komisi atau bonus sesuai dengan sistem yang berlaku di masing-masing perusahaan MLM. (www.id.wikipedia.org)

Q    : Apakah IFA menggunakan sistem MLM dalam memasarkan produknya?

A   : Ya. Semenjak tahun 2001, IFA menjalankan pemasaran produknya dengan sistem MLM. Namun perlu diketahui bahwa sistem MLM di IFA berbeda sekali dengan MLM lain yang mempunyai perhitungan rumit. Jadi tidak akan Anda jumpai di IFA hal-hal seperti sistem piramida, poin hangus, kaki seimbang, dll. Yang ada Anda dibebaskan untuk mengatur penjualan dan jaringan Anda dengan sistem akumulasi poin dan pengembangan jaringan. Itulah mengapa kami berani menyebut IFA sebagai MLM murni.

Q    : Adakah biaya keanggotaan di IFA? Jika ada berapa banyak?

A    : Tidak ada. IFA tidak pernah memungut biaya keanggotaan seorang member. Setelah membayar biaya pendaftaran, seorang member akan tetap memiliki keanggotaannya di IFA seumur hidup.

Q    : Berapa lamakah status keanggotaan seorang member di IFA?

A    : Status keanggotaan seorang member di IFA berlaku seumur hidup selama member tersebut tidak vakum belanja (baca: tidak ada transaksi) selama kurun waktu satu tahun berturut-turut.

Q    : Apa saja sih keuntungan jadi member/ agen IFA?

A   : Banyak sekali. Yang paling umum adalah Diskon Langsung dari harga katalog sebesar 20%-30%. Lalu ada Rabat Penjualan dan Rabat Jaringan setiap bulannya. Bila Anda sudah mencapai level ISA ke atas, Anda bisa menikmati Komisi Cicilan Motor, Komisi Cicilan Mobil, dan Komisi Cicilan Rumah untuk mendapatkan kendaraan dan rumah yang Anda impikan. Selain itu pulan ada bonus Komisi Perjalanan Ibadah dan Perjalanan Wisata ke luar negeri bila Anda memenuhi syarat poin dan jumlah jaringan tertentu.

Q   : Saya ingin mempunyai passive income dari IFA, bisakah?

A   : Bisa sekali. Bisnis IFA memang dirancang untuk Anda yang ingin mempunyai penghasilan tambahan ataupun bahkan penghasilan utama hanya dari rumah. Bisnis IFA ini akan terus berjalan, walaupun Anda sedang membersihkan rumah, mengantar anak sekolah, berbelanja dan memasak, ataupun ketika sedang berlibur. Anda bisa menikmati penghasilan tambahan jutaan rupiah yang disediakan IFA baik dalam bonus Rabat Royalti, Komisi Bonus Tahunan, ataupun bonus-bonus yang lain. Apalagi jika Anda mempunyai jaringan yang besar, maka akan semakin mudah mendapatkan passive income hingga puluhan juta rupiah.

Q   : Berapakah jumlah poin minimum yang harus saya punya untuk mendapatkan bonus komisi atau rabat?

A   : Anda harus mempunyai paling tidak 10 NPV untuk mengklaim (tutup poin) bonus komisi atau rabat yang ingin Anda peroleh. Tentu setelah syarat memperoleh bonus tersebut terpenuhi.

Q   : Apakah NPV itu? Apa gunanya?

A   : NPV adalah kependekan dari Net Poin Value. Di dalam bisnis IFA, seorang member akan memperoleh poin setelah dia berbelanja dengan nominal tertentu, istilah poin tersebut disebut dengan NPV. Nilai 1 NPV setara dengan Rp 10.000,-. NPV ini dipakai dalam setiap Success Plan IFA. Misalnya untuk menentukan tingkat karir seorang member; syarat dalam memperoleh bonus komisi; dan lain-lain.

Q   : Setara berapa rupiahkah nilai 10 NPV itu?

A   : 10 NPV kurang lebih setara dengan Rp 100.000,-

Q   : Saya baru mengetahui dan bergabung IFA belakangan ini. Apakah mungkin saya bisa menyamai penghasilan yang diperoleh upline saya?

A    : Sangat mungkin. IFA memiliki sistem yang adil, siapa yang bekerja lebih keras, maka akan mendapatkan hasil yang lebih besar. IFA tidak menganut sistem piramida yang selalu menguntungkan yang lebih dulu bergabung. Inilah mengapa banyak member IFA yang bisa menyamai bahkan mendahului prestasi upline-nya karena bekerja lebih keras.

Q   : Saya dulu pernah daftar IFA di kota A, namun sekarang pindah ke kota B karena kuliah. Dapatkah saya berbelanja di depot yang ada di kota B?

A   : Bisa. IFA tidak pernah membatasi membernya untuk berbelanja hanya di tempat ketika dia mendaftar. Member IFA diberi kesempatan sebebas-bebasnya untuk berbelanja di depot manapun di Indonesia asal masih memiliki nomor anggota yang masih berlaku.

Q   : Apa itu Upline dan Downline?

A   : Secara harafiah, Upline dan Downline bisa diartikan dengan tingkatan atas dan tingkatan bawah. Dalam bisnis MLM biasanya yang dinamakan Upline adalah orang yang lebih dulu bergabung, sedangkan Downline adalah orang yang bergabung belakangan dengan diajak atau direkrut seorang Upline. Jadi bila Anda bergabung dengan IFA karena diajak oleh A, maka Anda adalah Downline dari A, namun bila Anda berhasil mengajak B untuk bergabung dengan IFA, maka Anda adalah Upline dari B. Pada beberapa bisnis MLM konsep Upline-Downline ini biasanya berpengaruh pada jumlah besarnya komisi yang diperoleh, dimana komisi paling besar akan didapatkan oleh orang yang paling awal bergabung dengan bisnis tersebut. Namun hal tersebut tidak akan terjadi di bisnis IFA, karena IFA menerapkan sistem MLM Murni yang memberikan komisi pada semua agennya secara proporsional sesuai dengan prestasi kerjanya. Sehingga semua agen dinilai komisinya berdasarkan kerja kerasnya, bukan tingkatan posisinya.

Q   : Apakah untungnya mempunyai downline?

A   : Mempunyai downline berarti Anda mempunyai partner dalam melakukan bisnis IFA. Dengan mempunyai downline pula Anda dapat mengembangkan jaringan bisnis IFA untuk mencapai Success Plan IFA dan mempunyai kesempatan besar untuk meraih semua bonus impiannya.

Q   : Apakah menjadi member IFA diwajibkan untuk merekrut?

A   : Sebenarnya kegiatan utama di bisnis IFA adalah menjual produk. Anda bisa mendapatkan uang hanya dari berjualan atau memakai produk IFA dan Anda tidak diwajibkan untuk merekrut downline setelah menjadi agen. Namun perlu disadari, bahwa nyawa dan asset utama untuk sukses di bisnis IFA adalah mempunyai jaringan yang besar. Karena dengan jaringan yang besar, omset belanja Anda menjadi besar dan otomatis komisinya juga semakin besar. Ingatlah filosofi gotong-royong, tenaga dan usaha yang sedikit bila dikerjakan bersama, pasti bisa menghasilkan sesuatu yang lebih besar daripada dikerjakan sendiri.

Q   : Apakah di IFA ada sistem poin hangus bila tidak berbelanja sesuai target selama periode tertentu?

A    : Sama sekali tidak. Dengan adanya Sistem Akumulasi Poin, jumlah poin belanjaan yang Anda peroleh sekecil apapun tetap dihargai dan diakumulasikan dengan poin yang telah Anda peroleh sebelumnya. Dan IFA juga tidak pernah memberikan target minimal belanja kepada para agennya. Justru sebaiknya kitalah yang mempunyai target pribadi untuk mengejar Success Plan IFA agar bisa mendapatkan komisi yang diimpikan dengan cepat.

Q   : Bagaimana cara agar saya bisa naik level di IFA?

A   : Ada dua macam cara untuk meningkatkan karir Anda di IFA. Pertama adalah dengan Sistem Akumulasi Poin. Sistem akumulasi poin ini dipakai untuk mendapatkan promosi dari karir IFA Agent (IA) hingga IFA Silver Agent (ISA). Artinya poin Anda dan seluruh jaringan dijumlah dari satu periode untuk menghitung karir sampai tingkat ISA. Kedua adalah dengan Sistem Pengembangan Jaringan. Sistem ini dipakai untuk mendapatkan karir IFA Gold Agent (IGA) hingga IFA Double Platinum Agent (IDPA). Perhitungannya berdasarkan Poin Pribadi (PP), Poin Jaringan Bersih (PJB), Poin Jaringan Grup (PJG) sesuai dengan persyaratan posisi yang akan Anda raih. Dengan sistem yang mudah tersebut, maka sudah pasti Anda sebagai seorang agen IFA akan naik level, walaupun transaksi tiap bulan relatif kecil. Lebih lanjut dapat Anda pelajari di skema promosi karir IFA.

Q   : Sulitkah naik level di IFA?

A   : Tentu tidak. Hal ini karena IFA mempunyai sistem akumulasi poin untuk promosi karir agennya. Dengan kata lain seorang agen di IFA dapat mempunyai tabungan poin yang terus bertambah dan tidak akan pernah hangus hingga mencapai posisi IFA Silver Agent (ISA).

Q   : Saya tidak terbiasa menjual dan merekrut. Apakah di IFA ada pelatihannya?

A   : Tentu saja. Dengan model bisnis berbentuk MLM, seorang agen IFA yang baru bergabung mendapatkan hak untuk memperoleh support system dari leader mereka, baik itu dalam bentuk pelatihan atau motivasi. Tak menutup kemungkinan juga untuk pelatihan menjual dan merekrut. IFA juga mempunyai program pelatihan nasional dalam bentuk IBTN dan pelatihan Go To sebagai persiapan meningkatkan karir yang didapat mulai dari ISA ke atas. Selain itu juga ada banyak pelatihan resmi IFA lainnya yang diadakan secara insidental sesuai dengan permintaan agen atau kebutuhan perusahaan.

         Bila Anda tergabung dalam jaringan IFApreneur, maka selain pelatihan tersebut Anda juga bisa mendapatkan fasilitas yang berguna untuk kegiatan penjualan dan perekrutan. Misalnya saja katalog elektronik online yang disediakan gratis untuk menjaring calon konsumen di luar dan juga penggunaan media online dari blog hingga social media untuk sarana menjaring rekrutan agen baru. Serta berbagai fasilitas lainnya yang dapat mempermudah Anda menjalankan bisnis IFA ini.

Q   : Salah satu bonus di IFA adalah Komisi Cicilan Sepeda Motor. Apakah jenis sepeda motor ditentukan dari IFA?

A  : Tidak. Bentuk sebuah Komisi Cicilan Sepeda Motor adalah uang tunai yang diberikan secara bertahap selama beberapa kali ditambah uang sebagai DP. Diharapkan dengan bentuk komisi tersebut seorang agen dapat membeli sepeda motor yang diimpikan sesuai dengan pilihannya sendiri. Hal tersebut juga berlaku pada komisi-komisi cicilan yang lain.

Q   : Apakah depot itu?

A   : Depot adalah agen IFA yang diberi kepercayaan khusus sebagai wakil dari perusahaan untuk menyalurkan dan menerima pesanan barang dari agen lain atau jaringan di bawahnya. Di IFA tidak mengenal stokis karena tugas depot adalah sebagai perantara pesanan belanja agen lainnya. Untuk menjadi sebuah depot, seorang agen harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah diberikan oleh perusahaan.

Q   : Bagaimana caranya agar saya bisa memiliki depot?

A   : Untuk mendirikan depot tentu Anda harus sudah terdaftar sebagai agen IFA terlebih dahulu. Lalu bila Anda telah mempunyai jaringan dan omset transaksi dengan jumlah tertentu yang sesuai dengan persyaratan mendirikan depot, perusahaan biasanya akan menghubungi Anda. Kemudian akan dilakukan evaluasi selama beberapa bulan sebelum Anda dinyatakan layak mendirikan depot. Keputusan dan persyaratan untuk mendirikan depot sepenuhnya ditentukan oleh kebijaksanaan perusahaan.

Q   : Apakah bisnis IFA ini bisa diwariskan?

A   : Bisa sekali. IFA memang model bisnis yang tepat jika Anda bercita-cita untuk mendapatkan passive income dan bisa diwariskan kepada keluarga atau keturunan Anda. Tidak seperti bisnis lain, keuntungan yang telah Anda peroleh selama di IFA tidak akan hangus bila Anda teruskan kepada ahli waris Anda, walaupun sudah tidak Anda kelola sendiri.

Q    : Saya tertarik dengan IFA. Bagaimana caranya gabung?

A   : Bila Anda siap bergabung dengan IFA melalui jaringan IFApreneur silahkan siapkan Fotokopi atau Scan KTP Anda dan biaya pendaftaran sebesar Rp 65.000,- sebagai pengganti starter kit IFA. Selanjutnya Anda bisa mengisi data diri secara lengkap pada formulir yang tersedia di sini dan silahkan tunggu hingga mendapatkan konfirmasi pendaftaran dari admin website ini. Keterangan lebih lengkap tentang pendaftaran bisa Anda lihat di sini. Selamat bergabung dengan IFA, jadilah agen yang Dahsyat dan wujudkan semua impian Anda bersama IFA dalam jaringan IFApreneur! Salam Dahsyat!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: