Inilah Perbedaan Saham dan Reksa Dana

Investasi di pasar keuangan atau pasar modal banyak ragamnya. Dengan perhitungan cermat, semua jenis investasi bisa dilakukan sesuai karakteristik investor.

Lalu bagaimana dengan investasi reksa dana dan investasi saham. Dilihat berdasarkan timeframe (jenjang waktu investasinya), reksa dana memiliki waktu pencairan kurang fleksibel, karena lebih lama. Periode pencairannya bisa hingga 1-3 tahun. Sementara investasi saham sangat fleksibel, karena investor bisa melakukan aksi beli atau jual kapanpun mereka inginkan. Investasi saham bisa bulanan, tahunan atau justru harian.

Jika melihat isi portofolio, investasi saham bebas memilih sesuai analisa, sementara reksa dana menyerahkan pada fund manager (manajer investasi/MI).Mereka akan memilih saham-saham apa saja yang akan memberikan keuntungan. Sehingga tingkat keuntungan reksa dana sangat tergantung keahlian fund manager.Hal ini membuat investasi di reksa dana cenderung membuat investor pasif, sedangkan investasi saham mendorong investor lebih aktif.

Berdasarkan analisa, investasi reksa dana didukung tim riset yang selalu update, sementara investasi saham, investor harus aktif menganalisa dan belajar, baik teknikal dan fundamental. Dengan demikian, reksa dana cocok bagi mereka yang kurang memahami fundamental dan pergerakan harga saham. Biasanya yang tergolong tipe investor ini adalah ibu-ibu rumah tangga atau Anda yang sibuk bekerja.

Sementara dilihat dari risiko, berinvestasi di reksa dana sangat tergantung dari fund manager. Jika fund manager tidak pintar, tentu kinerja buruk. Namun sebaliknya, jika fund manager lihai memilih portofolio, akan menghasilkan keuntungan. Adapun risiko investasi saham, biasanya lebih dipermainkan emosi. Namun jika investor mau belajar menganalisa, maka risiko bisa diminimalisir. Untuk modal, cukup dengan Rp500.000 investor bisa membuka rekening reksa dana. Namun untuk investasi saham, modal minimal Rp5 juta.

Dalam reksa dana, modal investor digabungkan dengan investor lain sehingga peluang diversifikasi lebih banyak. Sementara investasi saham hanya fokus pada beberapa saham.

Dengan melihat kelebihan dan kekurangan tersebut, saatnya menentukan investasi mana yang cocok dengan karakteristik Anda.

(www.ciputraentrepreneurship.com)

About IFApreneur

Seni berbisnis dan berbelanja di rumah

Posted on February 27, 2013, in Tips Keuangan and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: