5 Syarat Segmentasi Pasar yang Potensial

img src: tisconsulting.org

Sebelum memulai usaha dan menghasilkan sebuah produk atau jasa, salah satu hal yang harus dipertimbangkan ialah adanya segmen pasar yang akan menjadi target operasional usaha. Pengetahuan yang memadai akan adanya sebuah segmen pasar tertentu akan membimbing Anda untuk menentukan strategi-strategi yang relevan sehingga semua tenaga, modal, waktu yang telah tercurah tidak terbuang sia-sia.

Berikut merupakan lima syarat segmen pasar yang patut Anda perhitungkan menurut pakar manajemen pemasaran, Philip Kotler dan Kevin Lane Keller:

Dapat dikenali dan diukur
Sebuah segmen pasar yang potensial idealnya tidak hanya bisa didiskusikan secara teoretis, tetapi juga mampu untuk dikenali dan diukur secara riil di lapangan. Sebuah segmen pasar patut untuk diperhitungkan potensinya jika ukurannya tidak terlalu kecil dan daya beli yang dimiliki oleh konsumen dalam segmen tersebut cukup substansial.

Responsif
Yang dimaksud dengan suatu segmen yang responsif ialah kemampuannya untuk memberikan tanggapan terhadap usaha-usaha pemasaran dan perubahan program marketing yang dilakukan oleh usaha Anda. Di samping itu, tanggapan yang diberikan juga harus memiliki perbedaan dari tanggapan yang diberikan oleh segmen lainnya. Karena itulah yang membedakannya dari segmen lain.

Dinamis 

Suatu segmen yang ideal tidak akan mudah mengalami stagnansi. Ia akan terus mengalami perubahan dan perkembangan dari waktu ke waktu. Dinamika tersebut akan membuat usaha Anda bisa terus mengembangkan strategi pemasaran yang jitu untuk segmen ini.

Signifikan
Sebuah segmen, di satu sisi, adalah kelompok yang spesifik dan cukup sempit. Namun, di sisi lain, segmen tersebut juga jangan sampai terlalu spesifik dan sempit sehingga untuk mendapatkan keuntungan pun susah. Jumlah keuntungan yang diproyeksi harus dapat melebihi biaya yang diperlukan untuk mengembangkan program pemasaran yang ditargetkan untuk pasar tersebut.

Dapat diakses
Syarat terakhir ialah aksesibilitas sebuah segmen. Dengan kata lain, sebuah segmen pasar harus mampu dicapai oleh usaha Anda dengan menggunakan alat komunikasi dan media massa masa kini seperti surat kabar, televisi, telepon, ponsel dan sebagainya. Sulit untuk menggarap potensi sebuah segmen, sebesar apapun potensinya, jika konsumen yang ada dalam segmen tersebut ‘terkucil’ dari peradaban.

About IFApreneur

Seni berbisnis dan berbelanja di rumah

Posted on February 19, 2013, in Tips Bisnis and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: