Bank Kehidupan

Bayangkan ada sebuah bank yang mengisi uang 86.400 rupiah dalam rekening Anda setiap pagi. Bank akan mengambil saldo dan tidak menyisakan dari hari ke hari. Setiap malam menghapus setiap saldo yang Anda gagal gunakan pada hari itu. Apa yang akan Anda lakukan? Tentu saja mengambil semua uang yang ada di rekening Anda.

Kita masing-masing memiliki sebuah bank yang namanya waktu. Setiap pagi, waktu memberi Anda 86.400 detik. Setiap malam, waktu menghapus apa pun sebagai kerugian yang tidak berhasil Anda investasikan untuk tujuan yang baik, waktu tidak akan menyisakan sedikit pun. Waktu tidak akan mungkin mentransfer ke rekening lain. Setiap hari waktu membuka rekening baru untuk Anda, setiap malam waktu menghapus saldo dari hari itu. Jika Anda gagal menggunakan tabungan hari itu, kerugian akan menimpa Anda.

 Waktu tidak berputar mundur, tidak berlawanan arah dengan hari esok. Anda harus berada pada tabungan hari itu. Investasikan waktu untuk memeroleh puncak kesehatan, kemakmuran, kebahagiaan dan kesuksesan. Penunjuk waktu terus berputar, lakukan yang terbaik hari ini. Untuk menyadari nilai waktu satu tahun,bertanyalah kepada seorang siswa yang tidak naik kelas. Untuk  menyadari nilai  satu bulan, bertanyalah kepada seorang ibu yang melahirkan bayi prematur. Untuk menyadari nilai satu minggu, bertanyalah pada seorang editor koran mingguan. Untuk menyadari nilai satu jam, bertanyalah kepada orang yang jatuh cinta sedang menunggu untuk berjumpa dengan kekasihnya. Untuk menyadari nilai satu menit, bertanyalah pada seorang yang ketinggalan naik kereta api. Untuk menyadari nilai satu detik, bertanyalah pada seorang yang baru saja terhindar dari sebuah kecelakaan. Untuk menyadari nilai satu mili detik, bertanyalah kepada atlit yang meraih medali perak dalam olimpiade.

 Hargai semua waktu yang Anda miliki. Hargai waktu Anda lebih baik lagi. Karena Anda berbagi waktu dengan seseorang yang istimewa, gunakan waktu Anda dengan istimewa pula. Ingat bahwa waktu tidak menunggu seseorang. Hari kemarin  adalah sejarah, hari esok adalah misteri, hari ini adalah hadiah (present), karena itulah mengapa waktu disebut saat ini (baca: present).

 Gunakanlah waktu-waktu dengan baik, perhatikanlah hidupmu dengan seksama, karena hari-hari ini adalah hari-hari yang jahat. Kesuksesan seseorang amat sangat ditentukan dengan bagaimana seseorang menggunakan waktunya.

 Pemalas hanya penuh dengan keinginan dan cita-cita tapi tidak berbuat sesuatu. Tetapi orang yang rajin mulai bertindak, melangkah dan melangkah. Orang yang rajin menggunakan waktunya dengan sebaik-baiknya. Itulah orang yang akan suskses di dalam jangka panjang. Waktu terus berjalan, kerana itu ambilah keputusan untuk mulai mengisi waktu-waktu Anda dengan hal-hal yang baik, produktif, bekerja, mendorong orang lain, menolong. Untuk diri sendiri, merawat diri sendiri, jangan biarkan waktu berlalu begitu saja. Maka Anda pasti akan sukses.

*Disadur dari majalah “The Intrepreneur” edisi Juni 2011

About IFApreneur

Seni berbisnis dan berbelanja di rumah

Posted on February 14, 2013, in Motivasi and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: