7 Tips Menjaring Konsumen Pertama Anda

img src: mashable.com

Mendapatkan pelanggan pertama merupakan saat yang sangat mengharukan bagi semua entrepreneur. Ini menjadi saat yang menentukan bagaimana Anda akan menjadi seorang pemimpin bisnis di masa depan. Tidak ada yang mudah saat Anda harus mendapatkan pelanggan pertama namun ada beberapa strategi utama yang bisa Anda terapkan.

1. Perluas koneksi

Untuk sebuah perusahaan, memiliki jaringan koneksi/ relasi bisnis yang luas merupakan sebuah keharusan. Anda dapat memperluas jaringan ini yang juga merupakan target potensial bisnis Anda, dengan berbagai cara. Tambahkan beberapa kenalan pribadi dalam daftar koneksi/ relasi ini. Jangan lupa bahwa kenalan profesional Anda ini (misalnya para pebisnis, vendor, pemasok) dapat menjadi sebuah aset di masa depan. Bangunkomunikasi dengan mereka dan beritahukan perkembangan bisnis Anda dengan mereka.

2. Iklan online

Orang lebih suka mencari informasi secara online di perangkat bergerak mereka sekarang ini. Jadi berusahalah untuk membuat iklan online khusus dan menarik di sejumlah situs potensial seperti jejaring sosial (Facebook, Twitter). Anda perlu membuat website, halaman tersendiri di Facebook, dan mungkin akun Twitter tersendiri sebagai media iklan interaktif.

3. Iklan lokal

Konsumen lokal juga membutuhkan informasi tentang perusahaan Anda. Buatlah mereka tertarik membicarakan bisnis Anda dengan mengiklankan usaha Anda dalam lingkup lokal di papan iklan dan iklan radio. Orang cenderung bangga menggunakan produk dan layanan lokal. Testimoni mereka akan amat berguna mempromosikan usaha Anda.

4. Waktu bersantai

Tentukan waktu bersantai atau mungkin pertemuan santai di waktu makan malam atau makan siang dengan mitra potensial dan calon klien. Biarkan mereka mengetahui bagaimana Anda merencanakan untuk menjalankan usaha di masa mendatang atau melayani klien. Layanan yang memuaskan akan sellau diingat dan mereka akan secara otomatis membicarakan usaha Anda ke orang lain.

5. Kirimkan surat pribadi dan tindak lanjuti dengan panggilan telepon

Anda memiliki daftar kontak. Kini saatnya menjelajahi lebih luas dan mendapatkan target potensial dan kirimi mereka dengan surat perkenalan. Beritahukan pada mereka mengenai usaha yang tengah Anda rintis dan berikan penawaran istimewa. Telepon mereka satu per satu sebagai tindak lanjut sehingga Anda mengetahui reaksi mereka lebih cepat.

6. Website interaktif

Saat orang mulai mengetahui layanan Anda, Anda seharusnya mulai membuka akses ke situs segera. Dengan demikian, mereka akan lebih leluasa saat ingin menemukan informasi bisnis Anda. Buatlah website dengan lebih interaktif dan informatif. Anda perlu memberikan informasi lengkap pada pengunjung situs dan menarik mereka dengan sentuhan interaktif sebaik di dunia nyata.

7. Peluncuran produk atau layanan

Saat semuanya siap, Anda harus membuat rencana yang baik tentang peluncuran produk atau layanan Anda. Undanglah orang, vendor, konsumen potensial, dan pers untuk menyaksikan peluncuran Anda. Dengan mengundang pers, Anda akan membantu publikasi lebih tersebar luas.

Kini Anda harus mencobanya satu per satu, atau mulai dengan salah satu atau sebagian langkah di atas yang Anda anggap sesuai dengan kondisi Anda sekarang. Lakukan dengan maksimal dan bersiaplah dengan kesuksesan di depan Anda. (www.ciputraentrepreneurship.com)

About IFApreneur

Seni berbisnis dan berbelanja di rumah

Posted on February 12, 2013, in Tips Bisnis and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: