Ukuran Pencapaian

“Anda harus selalu berusaha untuk berada di jalur yang benar dalam proses pencapaian Anda. Miliki komit­men pribadi untuk tidak mudah berkompromi dengan segala bentuk ketidakbenaran.”

Oleh: Haryanto Kandani

Achievement Motivator & Penulis Buku Best Seller “The Achiever”

Keberhasilan yang sejati bukanlah apa yang telah kita raih dibandingkan dengan apa yang orang lain telah raih. Melainkan apa yang te­lah kita raih dibandingkan dengan apa yang seharusnya masih dapat kita raih. Jadi sebenarnya Anda tidak berkompetisi dengan orang lain melainkan dengan diri Anda sendiri. Pertandingan yang se­sungguhnya dimulai saat Anda berusaha mengalahkan rekor pencapaian Anda yang sekarang dengan rekor-rekor baru yang seharusnya Anda dapat raih.

lni berarti Anda dapat meraih prestasi yang lebih tinggi, Anda dapat lebih me­ningkatkan penjualan, Anda dapat lebih banyak menabung uang, Anda masih dapat memiliki usaha yang lebih besar, Anda juga dapat lebih perhatian pada keluarga, dan Anda tentunya dapat menjadi orang yang memiliki kualitas karakter yang lebih baik dari sekarang.

Pencapaian yang layak Anda raih dalam kehidupan ini adalah:

Pencapaian yang menjadikar diri Anda Iebih baik.

Setiap kali Anda ingin meraih sesuatu dalam hidup ini Anda harus berfokus pada pencapaian yang menjadikan diri Anda lebih baik. Menjadi lebih baik menunjukkan bahwa ada peningkatan dan kemajuan dalam hidup Anda. Keadaan statis atau stagnan merupakan keadaan yang terburuk dalam kehidupan. lni yang harus mendorong kita untuk terus berkembang dalam setiap area ke­hidupan agar menjadi lebih baik dari se­belumnya. Jangan pernah habiskan wak­tu Anda untuk meraih berbagai hal yang sama sekali tidak membuat diri Anda menjadi seorang yang lebih baik.

Pencapaian yang mengembang­kan kapasitas potensi Anda.

Tanpa Anda sadari saat Anda berusa­ha meraih sesuatu biasanya pencapaian tersebut diikuti dengan pengembangan potensi. Sebagai contoh mungkin Anda ingin meningkat dalam karir sehingga Anda merasa perlu menambah berbagai macam skill baru. Ini yang mendorong Anda mengikuti kelas singkat atau kuliah tambahan di malam hari untuk men­guasai bidang-bidang tertentu. Anda berpikir bahwa penguasaan beberapa skill baru akan menunjang promosi yang Anda ingin raih. Ternyata sasaran pencapaian yang Anda miliki telah mengembangkan kapasitas potensi Anda. Bukan hanya pencapaian dalam hal karir yang layak Anda raih, melainkan juga penca­paian di area lainnya yang pada akhir­nya mengembangkan kapasitas potensi Anda.

Pencapaian yang mendatang­kan manfaat bagi orang lain.

Eleanor Roosevelt berkata, “Saat Anda berhenti memberikan kontribusi, Anda mulai mati.” Kita perlu menya­dari kalau hidup bukanlah hanya untuk kepentingan diri sendiri saja melainkan juga bagi orang lain dan khususnya bagi orang-orang terdekat kita seperti kelu­arga, sahabat atau relasi. Oleh karena itu pencapaian yang Anda ingin raih harusnya dapat mendatangkan juga kontribusi dan manfaat bagi orang lain. Sehingga apa yang hendak Anda raih nantinya da­pat dinikmati banyak orang karena men­datangkan manfaat bagi mereka dan bukan malah merugikan.

Pencapaian yang tidak men­gorbankan nilai moral dan in­tegritas Anda.

Pencapaian sebesar apapun tidak akan berarti kalau diraih dengan cara tidak benar apalagi sampai mengor­bankan nilai moral dan integritas pribadi Anda. Anda harus selalu berusaha untuk berada di jalur yang benar dalam proses pencapaian Anda. Miliki komitmen priba­di untuk tidak mudah berkompromi den­gan segala bentuk ketidakbenaran.

Pencapaian yang memberikan Anda kepuasan.

Apa pun yang Anda ingin raih, terlebih dahulu Anda harus pastikan bahwa apa­kah pencapaian ini akan memberikan suatu kepuasan saat Anda meraihnya. Se­hingga Anda akan selalu termotivasi un­tuk meraih pencapaian tersebut. Kepua­san setiap orang tentunya berbeda-beda dan sangat relatif, oleh karena itu Anda perlu tahu dengan jelas hal apa yang ka­lau Anda dapat raih akan memberikan kepuasan yang besar bagi diri Anda.

Pencapaian yang memperluas pengaruh Anda secara positif.

Pencapaian Anda harus menjadi suatu dampak yang memperluas pe­ngaruh Anda secara positif terutama bagi orang-orang disekitar Anda. Ini yang menjadikan apa yang Anda raih atau pen­capaian Anda sebagai sumber inspirasi bagi orang lain.

Pencapaian yang memuliakan Tuhan.

Tuhan menciptakan Anda dengan suatu tujuan dan telah memberi kepada Anda banyak kemampuan. Oleh karena itu setiap kemampuan Anda harus terus digunakan dan dimaksimalkan untuk memenuhi tujuan hidup Anda, sehingga Tuhan dimuliakan dengan segala penca­paian Anda.

*Disadur dari majalah “The Intrepreneur” edisi November 2011

About IFApreneur

Seni berbisnis dan berbelanja di rumah

Posted on February 11, 2013, in Motivasi and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Reblogged this on my mind #speak out# and commented:
    konsisten pada hal yang benar

    • yup, konsisten pada hal yang benar untuk mendapatkan pencapaian hidup yang positif dan mengisnpirasi. terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak. salam kenal…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: