Jangan Pernah Menyerah

Tantangan dan rintangan adalah sesuatu yang biasa bagi mereka yang tengah mengejar impian. Tantangan dijadikannya peluang, rintangan dijadikannya cambuk untuk meraih keberhasilan.

Oleh: Tanu Sutomo (Motivator, Direktur Utama IFA)

Dalam menjalankan usaha apa-pun, termasuk bisnis jaringan, Anda akan menemukan tantan­gan dan rintangan. Dari mulai skala kecil, sederhana, hingga jika Anda tak sanggup mengatasinya, Anda akan hancur terpu­ruk. Tetapi tahukah Anda bahwa semua itu merupakan fase luar biasa agar Anda tidak lantas menyerah.

Jika kita petakan, tantangan dapat muncul dari dua arah: dari dalam diri kita sendiri dan dari luar diri kita. Tantangan dari dalam biasanya berbentuk fluktuasinya semangat kita. Kadang kita sema­ngat luar biasa, lain waktu bisa turun drastis karena satu dan lain hal.

Sementara tantangan dari luar bia­sanya terkait langsung dengan bisnis yang kita jalankan. Jika respon orang lain positif, maka semangat kita pun terpompa luar biasa. Tapi jika negatif, otomatis berpengaruh pada menurunnya semangat yang kita mi­liki. Hal ini tentu berdampak buruk bagi kinerja kita ke depan. Alih-alih menda­patkan keuntungan, yang ada justru ke­buntungan.

Karena itu, agar semangat kita tetap terjaga, sehingga dalam menjalankan bisnis tidak kenal pantang menyerah, maka ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

Pertama, fokuslah pada impian. Se­tiap kita pasti punya impian. Ada yang melangit, ada pula yang mencoba untuk realistis. Setinggi apapun impian kita ja­ngan pernah memadamkannya sebelum Anda dapat mencapainya. lmpian bagi kita merupakan tujuan ‘akhir’ dari rang­kaian kehidupan kita. Tanpa mimpi ra­sanya hidup ini terasa hampa, sebab tak ada visi, tak ada misi. Tak ada pula hal-hal terbaik yang menjadi obsesi kita untuk meraihnya.

Bagi Anda yang memiliki impian, pertahankan, bela mati-matian impian tersebut. lngatlah selalu, terutama ketika Anda menghadapi rintangan dan tanta­ngan. Anggaplah bahwa hal itu merupa­kan ujian agar Anda naik kelas kelak. Jika Anda lolos maka Anda telah selangkah lebih maju dari sebelum­nya.

Dengan mengingat impian, Anda juga mampu menjaga ke­stabilan emosi untuk selalu berada pada ja­lan menuju pencapai­annya. Anda juga tak merasa bahwa setiap rintangan yang menghadang menjadi hambatan, melainkan menjadi pelajaran berharga untuk mengatasinya. Keber­hasilan Anda mengatasi setiap rintangan itulah merupakan hal-hal terbaik untuk meningkatkan kemampuan diri Anda.

Kedua, belajarlah pada setiap ken­dala yang ada. Bagi banyak orang, ken­dala dianggap sebagai hal buruk dalam meraih tujuan. Lebih celaka lagi jika hal itu menjadikannya hambatan dalam melanjutkan upaya pencapaian.

Padahal, sesungguhnya setiap ken­dala yang muncul ada pelajaran penting dan berharga yang dapat kita petik dar­inya. Dari berbagai kendala itulah pela­jaran demi pelajaran kita dapatkan. Dari situlah kelak jika kita menemukan ken­dala lagi, maka kita sudah mendapatkan cara penyelesaiannya. Begitu seterusnya.

Tak satupun mereka yang sukses alpa dari kendala. Justru mereka su­dah makan asam-garam dari berbagai kendala yang menimpa, lalu mencermat­inya untuk menemukan solusinya. Solusi inilah pelajaran berharga untuk mengha­dapi kendala-kendala yang datang kemu­dian. Dan pada saat itu kita telah memi­liki solusi untuk mengatasinya.

Ketiga, jangan pernah berputus asa. Bagi mereka yang berhasil saat ini, tak ada kata menyerah, tak ada kata putus asa. lni dikarenakan mereka selalu meng­ingat dua hal di atas. Karena itu apapun bentuk rintangannya, apapun macam tantangannya sedikitpun tak akan mem­buatnya menyerah. Mereka sadar betul, dengan berputus asa impian tak akan da­pat dicapai. Jika tak dapat dicapai maka itu berarti tak ada perubahan baik dalam kehidupannya.

Oleh karenanya, untuk berhasil dalam meraih impian dan menemukan hal-hal terbaik dalam kehidupan, kata menyerah telah dienyahkan dalam ka­mus kehidupannya. Yang ada tinggallah semangat menggebu untuk meraih ke­berhasilan demi keberhasilan.

Salam Dahsyat!

About IFApreneur

Seni berbisnis dan berbelanja di rumah

Posted on February 4, 2013, in Motivasi and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: